TPACK Guru dalam Pembelajaran IPAS: Analisis Keterampilan dan Critical Thinking (Studi Kasus di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang)

Penulis

  • Junia Elisa Putri STAI Al-Anwar Sarang Rembang
  • Intan Aulia Rakhmawati STAI Al-Anwar Sarang Rembang

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i2.3

Kata Kunci:

Pembelajaran IPAS, TPACK, Critical Thinking

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran abad 21 dimana memerlukan keterampilan critical thinking agar dapat membentuk generasi yang cerdas, adaptif, dan siap menghadapi perubahan zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, salah satunya adalah keterampilan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun critical thinking siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data pada penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, keterampilan TPACK guru dapat membangun critical thinking siswa dengan dibuktikan melalui hasil uji paired t-test dimana nilai . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Junia Elisa Putri, STAI Al-Anwar Sarang Rembang

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran abad 21 dimana memerlukan keterampilan <em>critical thinking</em> agar dapat mengatasi masalah seiring berkembangnya zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, salah satunya adalah keterampilan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun <em>critical thinking</em> siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data ada penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, keterampilan TPACK guru dapat membangun <em>critical thinking</em> siswa dengan dibuktikan melalui hasil uji <em>paired t-test</em> dimana nilai . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS.

Intan Aulia Rakhmawati, STAI Al-Anwar Sarang Rembang

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran abad 21 dimana memerlukan keterampilan <em>critical thinking</em> agar dapat mengatasi masalah seiring berkembangnya zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, salah satunya adalah keterampilan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun <em>critical thinking</em> siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data ada penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, keterampilan TPACK guru dapat membangun <em>critical thinking</em> siswa dengan dibuktikan melalui hasil uji <em>paired t-test</em> dimana nilai . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS.

Referensi

Akhwani, “Integration of TPACK as a Basic Framework for 21st Century Learning: An Analysis of Professional Teacher Competencies”. ICITE, Vol. 508. 2020.

Battelle for Kids, “Framework for 21st Century Learning Definitions”.Partnership for 21st Century Learning. Vol. 9. 2019.

Gunawan, Dedi, Sutrisno, Muslim, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”, Jurnal Pendidikan Matematik., Vol. 11. No. 2. 2020.

Hanafi, Daeng, Saidah, Taslim D. Nur, dan Arini Zahrotun Nasichah, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepulauan Sula”. Jurnal Bioedukasi. Vol. 5 No. 3. 2022.

Kurniasih, Novi. “Kompetensi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Guru pada Praktik Pembelajaran di Kelas Olimpiade SMA Negeri 3 Semarang”. (Skripsi di Universitas Negeri Semarang). 2020.

Koehler, M. J, P. Mishra. “The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators”. Journal of Technology and Teacher Education. Vol. 21. 2013.

Diterbitkan

2023-12-25

Cara Mengutip

Putri, Junia Elisa, dan Intan Aulia Rakhmawati. 2023. “TPACK Guru Dalam Pembelajaran IPAS: Analisis Keterampilan Dan Critical Thinking (Studi Kasus Di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang)”. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal 2 (2):161-68. https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i2.3.

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.