IMPLEMENTASI PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBASIS DESAIN ALGORITMA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK

Authors

  • Nurhusni Kamil STITNU Sakinah Dharmasraya

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i2.2

Keywords:

Computational thinking, desain algoritma, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang implementasi pendekatan computational thinking berbasis desain algoritma pada kemampuan pemecahan masalah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Di dalam mengukur keabsahan data, peneliti menggunakan teknik data dari Miles dan Huberman. Sampel penelitian terdiri dari 20 orang siswa berusia 7 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sekitar 75% mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya CT pada kegiatan pembelajaran yang diawali dengan pertanyaan pemantik. Meski masih ada beberapa orang anak yang belum mencapai indikator seprti yang lain, namun jika dilihat keseluruhan kegiatan pembelajaran yang diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan CT sudah mampu merangsang anak dalam memecahkan masalah berbasis desain algoritma. Sehingga hasil yang diinginkan dapat disimpulkan bahwa kegiatan CT telah mampu membantu anak berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdal, Nurul Mukhlisah, Ambo Dalle, Johar Amir, and Labusab Labusab. “Peningkatan Computational Thinking Untuk Siswa SMA IT Al Biruni Makassar.” Pengabdi:Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2022): 78–83. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.34160.

Asriyani, Solatiyah, Nurhusni Kamil, Anda MAryani, Aina yulifaatun Mufida, and Raden rachmy Diana. “Pola Asuh Single Mom Dan Single Dad Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2023): 476–88. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.227.

Fang, Xiaoxuan, Davy Tsz Kit Ng, Wing Tung Tam, and Manwai Yuen. “Integrating Computational Thinking into Primary Mathematics: A Case Study of Fraction Lessons with Scratch Programming Activities.” Asian Journal for Mathematics Education 2, no. 2 (2023): 220–39. https://doi.org/10.1177/27527263231181963.

Hidayat, Rachmat, Dwi Juniati, and Siti Khabibah. “Studi Literatur : Computational Thinking Dalam Penyelesaian Soal Cerita” 12, no. 1 (2024).

Huda, Nuril, Ika Wahyu Pratiwi, Ery Sugito, Ahmad Fadhil Imran, and M. Miftach Fakhri. “Peningkatan Soft Skill Melalui Program Pelatihan Bebras Challenge Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMK.” Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat 1 (2023): 10–18. https://doi.org/10.61220/jsipakatau.v1i1.232.

Intania, R. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam,” 2014, 241–50. http://repository.upi.edu/id/eprint/7006.

Kamil, Nurhusni, Khalilah Narjis, and Yunita Anthon Sope. “Sibling Rivalry: Are Gender Differences or Age Range of Birth the Cause of Social Jealousy.” Gender Equality: International Journal of and Gender Studies 10, no. 1 (2024): 55–65. https://doi.org/10.7748/nm.23.9.12.s14.

Kite, Vance, Soonhye Park, and Eric Wiebe. “The Code-Centric Nature of Computational Thinking Education: A Review of Trends and Issues in Computational Thinking Education Research.” SAGE Open 11, no. 2 (2021). https://doi.org/10.1177/21582440211016418.

Kumala, Rosyida Ani Dwi, Kartika Nur Fathiyah, and Rosa Virginia Ratih Krisnani. “Computational Thinking Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2023): 3418–36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4520.

Kumala, Rosyida Ani Dwi, Upik Elok Endang Rasmani2, &, and Nurul Kusuma Dewi. “PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK USIA 5-6 TAHUN PROFIL KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK USIA 5-6 TAHUN Rosyida Ani Dwi Kumala 1 , Upik Elok Endang Rasmani 2 & Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas Sebelas Maret.” Ilmiah PTK PNF 16, no. 1 (2021): 81–96.

Maharani, Swasti, Toto Nusantara, Abdur Rahman Asari, and Abd Qohar. Computational Thinking Pemecahan Masalah Di Abad Ke-21 Critical Thinking View Project Teaching for Critical Thinking View Project. … : Katalog Dalam Terbitan …, 2020. https://www.researchgate.net/publication/347646698.

Mills, Kathy A., Jen Cope, Laura Scholes, and Luke Rowe. “Coding and Computational Thinking Across the Curriculum: A Review of Educational Outcomes.” Review of Educational Research XX, no. X (2024): 1–38. https://doi.org/10.3102/00346543241241327.

Rose, Simon P., M. P. Jacob Habgood, and Tim Jay. “An Exploration of the Role of Visual Programming Tools in the Development of Young Children’s Computational Thinking.” Electronic Journal of E-Learning 15, no. 4 (2017): 297–309. https://doi.org/10.34190/ejel.15.4.2368.

Sartina, Dwi, Shinta Maylani, and Kintan Limiansih. “Integrasi Computational Thinking Dalam Pembelajaran Proyek Topik Energi Alternatif Kelas Iii Sekolah Dasar.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 3 (2023): 294–304. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2773.

Silvia, Popy, and Tepi Mulyaniapi. “Analisis Kemampuan Computational Thinking Melalui Pembelajaran Coding Pada Anak Usia Dini 0-8 Tahun.” Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku 1, no. 2 (2022): 50–59. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i2.140.

Sun, Chen, Stephanie Yang, and Betsy Becker. “Debugging in Computational Thinking: A Meta-Analysis on the Effects of Interventions on Debugging Skills.” Journal Of Education Computing Research 62, no. 4 (2024): 1087–1121. https://doi.org/10.1177/07356331241227793.

Surmilasari, Nora, Tanzimah 2, and Imelda Ratih Ayu. “Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran PMRI Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2024): 1299–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6342.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Kamil, Nurhusni. 2023. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBASIS DESAIN ALGORITMA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK”. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal 2 (2):143-60. https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i2.2.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.