TPACK GURU DALAM PEMBELAJARAN IPAS: ANALISIS KETERAMPILAN DAN CRITICAL THINKING Studi Kasus di SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i2.3Keywords:
Critical Thinking, Pembelajaran IPAS, TPACKAbstract
Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran abad 21 dimana memerlukan keterampilan critical thinking agar dapat membentuk generasi yang cerdas, adaptif, dan siap menghadapi perubahan zaman. Oleh sebab itu, guru memerlukan sebuah keterampilan mengajar agar siswa dapat membangun keterampilan tersebut, salah satunya adalah keterampilan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan TPACK guru pada pembelajaran IPAS dapat membangun critical thinking siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data pada penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, keterampilan TPACK guru dapat membangun critical thinking siswa dengan dibuktikan melalui hasil uji paired t-test dimana nilai . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa guru memahami konsep dari TPACK dan menerapkannya dalam pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Akhwani, “Integration of TPACK as a Basic Framework for 21st Century Learning: An Analysis of Professional Teacher Competencies”. ICITE, Vol. 508. 2020.
Battelle for Kids, “Framework for 21st Century Learning Definitions”.Partnership for 21st Century Learning. Vol. 9. 2019.
Gunawan, Dedi, Sutrisno, Muslim, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”, Jurnal Pendidikan Matematik., Vol. 11. No. 2. 2020.
Hanafi, Daeng, Saidah, Taslim D. Nur, dan Arini Zahrotun Nasichah, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepulauan Sula”. Jurnal Bioedukasi. Vol. 5 No. 3. 2022.
Kurniasih, Novi. “Kompetensi Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Guru pada Praktik Pembelajaran di Kelas Olimpiade SMA Negeri 3 Semarang”. (Skripsi di Universitas Negeri Semarang). 2020.
Koehler, M. J, P. Mishra. “The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators”. Journal of Technology and Teacher Education. Vol. 21. 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Junia Elisa, Intan Aulia Rakhmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.