ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI PONDOK PESANTREN AL FURQON GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.2025.v4i1.3Keywords:
literasi digital, guru madrasah, pesantren, teknologi pendidikan, pembelajaran digitalAbstract
Literasi digital guru menjadi aspek krusial dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis teknologi, terutama di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital guru dalam berbagai dimensi, termasuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran, evaluasi dan refleksi teknologi, kolaborasi digital, kepemimpinan dalam teknologi pendidikan, etika dan kewargaan digital, serta pengembangan profesional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 44 guru Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al Furqon Sidayu Gresik. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert, yang mengukur enam dimensi literasi digital guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei daring, sementara teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk melihat distribusi tingkat literasi digital pada masing-masing dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru berada pada kategori Tinggi (34,1%) dan Sedang (31,8%), dengan dimensi Etika dan Kewargaan Digital serta Penggunaan Teknologi untuk Pengajaran dan Pembelajaran memiliki persentase tertinggi dalam kategori Sangat Tinggi (45,5%) dan Sedang (38,6%). Namun, aspek Evaluasi dan Refleksi Teknologi serta Kepemimpinan dalam Teknologi Pendidikan masih menunjukkan dominasi pada kategori Sedang (43,2%), yang mengindikasikan perlunya peningkatan keterampilan dalam aspek tersebut. Dengan demikian, perlu adanya program pelatihan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan guna meningkatkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi secara reflektif dan strategis.
Downloads
References
Arif, Muhamad, Mohd Kasturi Nor Abd Aziz, and Muhammad Anas Ma'arif. "A recent study on islamic religious education teachers’ competencies in the digital age: A systematic literature review." Journal of Education and Learning (EduLearn) 19, no. 2 (2025): 587-596.
Aviram, A., & Eshet-Alkalai, Y. (2006). Towards a theory of digital literacy: Three scenarios for the next steps. European Journal of Open, Distance and E-learning, 9(1), 1-11.
Choi, Moonsun, Michael Glassman, and Dean Cristol. "What it means to be a citizen in the internet age: Development of a reliable and valid digital citizenship scale." Computers & education 107 (2017): 100-112.
Creswell, John W., and J. David Creswell. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2017.
Ertmer, Peggy A., and Anne T. Ottenbreit-Leftwich. "Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect." Journal of research on Technology in Education 42, no. 3 (2010): 255-284.
Flanagan, Linda, and Michele Jacobsen. "Technology leadership for the twenty‐first century principal." Journal of educational administration 41, no. 2 (2003): 124-142.
Fullan, M. (2013). The new pedagogy: Students and teachers as learning partners. OECD Publishing.
Gazzaley, Adam, and Larry D. Rosen. The distracted mind: Ancient brains in a high-tech world. Mit Press, 2016.
Halimah, Siti, Achmad Yusuf, and Khamdan Safiudin. "Pesantren education management: The transformation of religious learning culture in the age of disruption." Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 3 (2024): 648-666.
Hampel, R., & Stickler, U. (2015). Developing online language teaching: Research-based pedagogies and reflective practices. Palgrave Macmillan.
Hendawi, Manal, and Saba Qadhi. "Digital Literacy-Based Learning in Islamic Education." Ar-Fachruddin: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2024): 45-58.
Howard, Sarah K. "Risk-aversion: Understanding teachers’ resistance to technology integration." Technology, pedagogy and Education 22, no. 3 (2013): 357-372.
Huang, Ronghuai. Educational technology a primer for the 21st century. Springer Nature Singapore Pte Ltd., 2019.
King, E., & Boyatt, R. (2015). Exploring factors that influence adoption of e-learning within higher education. British Journal of Educational Technology, 46(6), 1272-1280.
Koehler, Matthew, and Punya Mishra. "What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?." Contemporary issues in technology and teacher education 9, no. 1 (2009): 60-70.
Lock, Jennifer V. "A new image: Online communities to facilitate teacher professional development." Journal of technology and teacher education 14, no. 4 (2006): 663-678.
Lundeto, Adri, Ishak Talibo, and Shinta Nento. "Challenges and Learning Strategies of Islamic Education in Islamic Boarding Schools in the Industrial Revolution Era 4.0." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13, no. 3 (2021): 2231-2240.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.
Musa, Nazaruddin, Norsiah Abdul Hamid, and Mohd Sobhi Ishak. "Understanding the trends of digital literacy among Islamic students (positive internet analysis study)." DAYAH: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2021): 141-158.
Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis tingkat literasi digital guru pendidikan sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9-15.
Nisa, Khairun, Nesya Amanda, and Reksa Adya Pribadi. "Kolaborasi pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan digitalisasi dan penguasaan teknologi pada pembelajaran abad 21." Jurnal Basicedu 7, no. 3 (2023): 1433-1445.
Pahrijal, Rival, and Salwa Aulia Novitasari. "Urgensi menghadapi hambatan digital dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran siswa di jawa tengah." Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 10 (2023): 644-653.
Ribble, M. (2011). Digital citizenship in schools: Nine elements all students should know. ISTE.
Ribble, Mike. Digital citizenship in schools: Nine elements all students should know. International Society for technology in Education, 2015.
Sari, Yunita, Dadang Kurnia, Indah Purnomowati, and Rani Anwar. "Peningkatan Keterampilan Digital Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Baturaja dalam Mendukung Pembelajaran Era 4.0." Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global 4, no. 1 (2025): 109-118.
Sitorus, Irma Yanti, Kevin Pardede, Nanda Claudia Pardede, Yasinta Theresya Claudia Malau, and Safinatul Hasanah Harahap. "Persepsi Guru di SMP Negeri 35 Medan Terhadap Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Sastra." Journal of Education Transportation and Business 1, no. 2 (2024): 683-690.
Sugiyono, Dr. "Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D." (2013).
Wang, Claudia, Monique Zhang, Ali Sesunan, and Laurencia Yolanda. "Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia." Kemdikbud 4, no. 2 (2023): 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Ridloi, Ali Rosyidi, Nur Laili Indasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
