KONTEKSTUALISASI NILAI KARAKTER KERJA KERAS DALAM KITAB ADĀB AL-‘ALIM WA AL-MUTA‘ALIM PERSPEKTIF HERMENEUTIKA FAZLUR RAHMAN

Authors

  • Imam Syafi'i UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.47454/ieej.v1i2.926

Keywords:

Kontekstualisasi Kerja Keras, Adāb al-‘Ālim wa al-Muta ‘allim, Globalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontekstualisasi nilai karakter kerja keras dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta ‘allim karya K.H Hasyim Asy’ari di era globalisasi. Globalisasi yang menempatkan dunia digital dan kecanggihan teknologi sebagai elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia modern menjadikan kualitas pendidikan dan moral peserta didik mengalami degradasi, di antara faktor yang mempengaruhi ialah sikap bermalas-malasan dan etos belajar siswa rendah yang disebabkan oleh penggunaan gadget dan media digital yang berlebihan serta minimnya kontekstualisasi nilai-nilai karakter yang telah dicetuskan oleh para ulama terdahulu, sehingga konsep karakter yang ada dianggap tidak relevan dalam konteks modern ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan kerangka teori hermeunetika double movement Fazlur Rahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontekstualisasi nilai karakter yang terdapat dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta ‘allim di era globalisasi adalah, pertama menata niat untuk selalu konsisten belajar tanpa terpengaruh media digital. Kedua, tidak menunda pekerjaan. Ketiga, menyedikitkan tidur. Keempat, meninggalkan pergaulan dan aktivitas yang tidak penting dan dapat menganggu konsentrasi belajar yaitu penggunaan media digital yang berlebihan. Sedangkan untuk mengoptimalkan konsep tersebut agar terinternalisasi pada diri siswa dibutuhkan peran dan pengawasan dari seorang guru maupun orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Arti kata globalisasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Diakses 21 April 2024. https://www.kbbi.web.id/globalisasi.

Daryanto, dan Suryatri Darmiatun. “Impelementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Database Peraturan | JDIH BPK. “UU No. 20 Tahun 2003.” Diakses 4 April 2024. http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Dkk, Kholil. “Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya K.H. Hasyim Asy’ari | Attractive : Innovative Education Journal.” Diakses 15 April 2024. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/954.

dkk, Kurdi. “Hermeunetika Al-Qur‟an & Hadis.” Yogyakarta: Elsaq Press, 2010.

Fauzi, Rahmat, dan Ainur Rofiq. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim” (Studi Di Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah Batang Hari Provinsi Jambi).” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (20 Agustus 2023): 249–59. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3521.

Hadziq, Ishomudin. “K.H Hasyim Asy‟ari: Figur Ulama & Pejuang Sejati.” Jombang: Pustaka Warisan Islam Tebuireng, 2007.

Hamzah, Rofiq. “Komparasi Niat Belajar Kitab ‘Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’Allim Dangard Pendidikan Kitab Attarbiyah Wa At-Ta’Lim (Metode Hermeneutik Dan Pendekatan Etik).” Masters, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22646/.

Hasan, Muhammad Tholhah, dan Afif Nadjih Anies. Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia. Cet. ke-4. Jakarta: Lantabora Press, 2005.

Hasanah, Usmaul, dan Muhammad Mahfud. “Konsep Etika Pelajar Menurut Kh. m. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al `alim Wa al-Muta`allim.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar 1, no. 1 (2021): 43–50.

Hasyim Asy’ari, Muhammad. “Adᾱb al- Ᾱlim wa al-Muta allim.” Jombang: Maktab Al-Turats Al-Islami, t.t.

Hidayat, Nur. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Kurniawati, Dian. “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2, no. 1 (2 Mei 2020): 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78.

“Laman Resmi Republik Indonesia • Portal Informasi Indonesia.” Diakses 4 April 2024. https://www.indonesia.go.id/mediapublik/detail/2093.

Lathiful, Khuluq. “Fajar Kebangunan Ulama Biografi K.H. Hasyim Asy‟ari.” Yogyakarta: LkiS, 2000.

Lickona, Thomas. “Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Rresponsibility.” New York: Bantam Books, 1991.

Madyuni. “Sang Kiai Tiga Generasi K.H.Hasyim Asy‟Ari, K.H. A. Wahid Hasyim Dan Gus Dur.” Pustaka Al-Khumul, 2013.

Majid, M.Dien. “Berhaji di Masa Kolonial.” Jakarta: CV Sejahtera, 2008.

Mas’ud, Abdurrahman. “Intelektual Pesantren:Perhelatan Agama dan Tradisi.” LkiS, 2004.

Mulyasa, E. “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jakarta: Bumi Aksara, t.t.

Nasucha, Juli Amaliya, Abdan Syakuuroo Sukiran, Khosiyah Rahmah, Ayu Ismaya Sari, dan Moh Ismail. “Pendidikan Akhlak Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Dan Relevansi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam 16, no. 1 (6 September 2022): 15–31. https://doi.org/10.51675/jt.v16i1.271.

Nata, Abuddin. “Sejarah Pendidikan Islam.” Jakarta: Kencana, 2016.

Puja, Khairunnisa. “Pengaruh Smartphone Terhadap Degradasi Moral Remaja di Mukim Jreuk Kecamatan Indrapuri Aceh Besar.” UIN Ar-Raniry, 2019.

Raharjo Jati, Wasisto. “Pengantar Kajian Globalisasi:Analisa Teori dan Dampaknya di Dunia Ketiga.” Jakarta: Pt Mintra Wacana Media, 2013.

Saipullah, Saipullah. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’Allim Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (15 Juni 2020): 53–77. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1929.

Saroinsong, Wulan Patria. “Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Children On Ages 6-8 Years Old.” Jurnal Tekpen 1, no. 4 (7 Agustus 2016). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1138.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2017.

Suhail, Muhamad Faiz. “Adab Murid dan Guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam Implementasi Pembelajaran Daring,” 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61889.

Ulum, Amirul. “Muassis NU Manaqib 26 Tokoh Pendiri Nahdlatul Ulama.” Yogyakarta: Pustaka Ulama, 2016.

Yasin, Fattah. “Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam.” Malang: Uin Malang Press, 2008.

Zaenul Fitri, Agus. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Etika di Sekolah.” Yogyakarta: ArRuzz Media, 2012.

Zed, Mustika. “Penelitian Kepustakaan.” Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Syafi'i, Imam. 2022. “KONTEKSTUALISASI NILAI KARAKTER KERJA KERAS DALAM KITAB ADĀB AL-‘ALIM WA AL-MUTA‘ALIM PERSPEKTIF HERMENEUTIKA FAZLUR RAHMAN”. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal 1 (2):127-34. https://doi.org/10.47454/ieej.v1i2.926.