ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Ilya Mukhlishah

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.4

Keywords:

Critical Thinking Skills, Model Discovery Learning

Abstract

This study aims to determine how the influence of the discovery learning learning model on students' critical thinking skills in thematic learning at Madrasah Ibtidaiyah. The research method used in this research is descriptive research method with quantitative approach. The population in this study was class V MIN 1 Rembang, totaling 67 students consisting of 31 boys and 36 girls. The sample used in this study were students of class V A and V C with random sampling technique. The data in this study are in the form of tests that aim to determine critical thinking skills using the discovery learning model, as well as interviews and documentation to strengthen the tests and observations of the discovery learning model. The method of data analysis used descriptive analysis and independent sample t-test. The results of this study indicate that the discovery learning model can affect students' critical thinking skills. This is indicated by the difference in the average results of thematic learning with discovery learning in VA and VC classes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2016.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak, 2018.

Arend , Richard I. Learning to Teach 7th ed. New York: Mc Graw-Hill Inc, T.T.

Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Destriyani, Elsa. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pujo Basuki Tahun 2015/2016. Skripsi di Universitas Lampung, 2016.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi, 2018.

Hikmah, Shofaul. Wawancara. kelas V A, 28 Februari 2020.

Hikmatunnisa, Mellinda. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kela IV SD. Skripsi di Universitas Lampung, 2018.

Irwan. Dinamika dan Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Johnson, Elaine B. CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Jakarta: Kaifa Leaming, 2008.

Jufri , A Wahab. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.

Kodir, Abdul. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: Pustaka Setia, 2018.

Mulyasa. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Nurajizah, Siti. Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Trigonometri. Skripsi Di UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Praswanto, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Puspitasari, Rizki. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kauman Utara Jombang. Skripsi Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.

Ridwan dan Akdon, Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta, 2010.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.

Saebani, Beni Ahmad. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Salahudin, Anas Dan Irwan Alkriencieche. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sam’s, Rosma Hartiny. Model Penelitian Tindakan Kelas Teknik Bermain Konstruktif Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras, 2010.

Sam’s, Rosma Hartiny. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras, 2010.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sani, Ridwan Abdullah. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Setiawan, Eko. Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2018.

Slavin, Robert Ennis. Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik Terjemahan, Jilid 2. Jakarta: Indeks, 2011.

Sudjana, Nana Dan Ahmad Rivai, Media Pembelajaran. Bandung: PT Sinar Baru, 2001.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. Kurikulum & Pembelajaran Kopetensi. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Suprijono, Agus. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Suwardi dan Daryanto, Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Tabany (Al), Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Thobroni, M. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

Ulfiana, Siska. Pengaruh Penerapan Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Skripsi Di Universitas Lampung, 2019.

Published

2022-06-23

How to Cite

Ilya Mukhlishah. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING . IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(1), 45-58. https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.4