KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47454/ieej.v1i2.828Kata Kunci:
Keaktifan Siswa, Pembelajaran Matematika, MatematikaAbstrak
Keaktifan siswa adalah kegiatan siswa selama proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan presense keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dengan metode pengambilan sampel menggunakan random sampling. Subjek penelitian sejumlah 29 siswa yang diambil dari 1 kelas di sebuah sekolah menengah pertama di kabupaten sukoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 kategori yang mana tiap-tiap kategori memiliki anggota yang tersebar secara merata. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa di kelas sangatlah heterogen atau beranekaragam dan jumlahnya seimbang atau tidak terjadi ketumpang tindihan keaktifan di dalam kelas.
Unduhan
Referensi
Budiyono, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan (Surakarta: UNS Press, 2018).
Erita Rahmaniar & Andi Prastowo, “Implikasi Model Simulasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 1 (2022), 639-647, https:// https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1854.
Fathiya Eka Putri, Fitrah Amelia, dan Yesi Gusmania, “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2, No. 2 (2019), 83-88, https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406.
Ika Fitriyati dan Andi Prastowo, “Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah”, Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, No. 4 (2022), 1041-1052, http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1120.
Kezia Rikawati dan Debora Sitinjak, “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif”, Journal of Educational Chemistry 2, No. 2 (2020): 40-48, https:// doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.
Rahma Daniatun, Mukh. Nasihin, Fatimah, & Syarif, “Media Ludopoli pada Materi Aritmatika Sosial dalam Melejitkan Keaktifan Siswa”, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11, No. 1 (2022), 13-24, https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1005.
Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Kencana), 47-48.