Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.3Kata Kunci:
CTL, Hasil Belajar, Pembelajaran TematikAbstrak
Siswa sering kali hanya menerima materi pembelajaran melalui apa yang diucapkan guru saja tanpa mengetahui secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen pada tahun ajaran 2019/2020 semester II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data yang telah diperoleh pada penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan aturan rerata gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-gain kelas kontrol sebesar dan kelas eksperimen sebesar . Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD Islam Insan Kamil Tuban.
Unduhan
Referensi
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.
Fathurrohman, Muhammad, Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kalimedia. 2018.
Hake, R. Anayzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University. 1999.
Nasution, S. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2013.
Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2014.
Sugiyono, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. 2016.