Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Kelas III Kurikulum 2013 Kementerian Agama RI 2020
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.2023.v2i1.1Kata Kunci:
Analisis isi; Buku ajar Bahasa Arab; Kurikulum 2013Abstrak
Buku ajar merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran, maka setiap buku ajar harus memenuhi kriteria yang layak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas dari buku ajar bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah kelas III kurikulum 2013 terbitan Kemenag RI 2020 agar dapat menjadi bahan kajian dalam pembaruan dan perbaikan buku ajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan content analysis. Berdasarkan analisis, buku ajar ini masih memiliki beberapa kesalahan, kekurangan, dan ketidaksesuaian yang dilihat dari aspek isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian materi, dan aspek kegrafikaan. Sehingga perlu adanya analisis lebih lanjut pada buku ini.
Unduhan
Referensi
A.W. Munawwir. (2007). Kamus Al-Munawwir Indonesia dan Arab. Surabaya: Pustaka Progresif.
Albab, Dehendar Ulil. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab MI Kelas IV Kurikulum 2013 Terbitan Kemenag RI Tahun 2020. Al Maqayis: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban.
Asfar, A. M. Irfan Taufan. (2019). Analisis Naratif, Analisis Konten, Analisis Semiotik (Penelitian Kualitatif). Bone: Universitas Muhammadiyah.
Azhari, Afifa Wijdan. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Karya Toha Putra. Al Suniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, Vol. 1, No. 2, Oktober 2018.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: Universirtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Direktorat KSKK Madrasah. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementrian Agama Republik Indonesia. Jakarta, 463 hal.
Faoziyah, Laila & Izzah, Nailul. (2021). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Aliyah Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013. Mantiqu Tayr: Jurnal of Arabic Language, Vol. 1, No. 2, Juli 2021.
Fathurrahman, Pupuh, dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT Refika Aditama, 2009.
Gasong, Dina. Belajar dan pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Hadi, Nurul. (2018). Analisis Content Buku Ajar Bahasa Arab (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013) Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Kementrian Agama Republik Indonesia 2014. Ijaz Arabi: Vol. 1, No. 1, April 2018.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’
Martatik. (2018). Analisis Buku Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Kelas I. Andragogi Jurnal Diklat Teknis: Vol. VI, No. 1, Januari-Juni 2018.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Dalam Satuan Pendidikan. Jakarta: Mendikbud.
Nawawi, Hadari & Martini, Mimi. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nazir, Moh. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prastowo, Andi. Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana, 2018.
Ratna, Nyoman Kutha. (2007). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyad, Muh. Sabilar. (2018). Analisis Buku Ajar Siswa Kelas VIII MTs/SMP Islam dalam Prespektif Gender. Jalie: Journal of Applied Linguistik and Islamic Education. Vol. 02, No. 02, Septemver 2018.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Syamsuddin & Damayanti, Vismaia S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.