STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR Studi kasus di SD Ainul Ulum Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.47454/ieej.v1i2.923Kata Kunci:
Strategi, Karakter Religius, Sekolah DasarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam tentang strategi guru dalam pembentukan karakter religius pada siswa Sekolah Dasar (SD) Ainul Ulum Ponorogo, hal ini dikarenakan anak usia dasar merupakan masa paling ideal dalam pembentukan karakter anak. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru ialah dengan mengadakan kegiatan pembelajaran al-Qur’an, tahfiz al-Qur’an, pembacaan salawat, asmaul husna, melaksanakan salat duha, salat duhur, istigasah, serta ziarah wali, hal ini didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, adanya support dari guru, staf sekolah, dan orang tua siswa. Terdapat beberapa faktor yang menghambat terinternalisasinya karakter religius ke dalam diri siswa yaitu berasal dari lingkungan tempat tinggal siswa, kurangnya minat belajar dan pengaruh negatif dari teman. Dampak internalisasi menjadikan siswa memiliki keimanan dan ketakwaan, akhlak al-karimah, sikap toleransi, perilaku disiplin, dan tanggung jawab.
Unduhan
Referensi
Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019): 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.
Aini, Adrika Fithrotul. “Living Hadist Dalam Tradisi Malam Kamis Mejelis Shalwat Diba’bil Musthafa.” ..Journalarraniry 2, no. 1 (2014): 221–35.
Ardila, Risma Mila, Nurhasanah, dan Moh Salimi. “Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2017, 79–85.
“Arti kata implementasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Diakses 1 April 2024. https://kbbi.web.id/implementasi.
Burhanuddin, Rohmat. “Implementasi Nilai-Nilai Pesantren dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo,” 2021.
Fahrudin, Hasan Asari, dan Siti Halimah. “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99.
Hardani, S.Pd., M.Si., Dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Disunting oleh AK Husnu Abadi, A.Md. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.
Isnaini, Maulia, Waluyo Erry Wahyudi, dan Imam Syafe’i. “Implikasi Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Peserta Didik.” Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam 1, no. 2 (2021): 166–85. https://doi.org/10.58573/tafahus.v1i2.18.
Nasihatun, Siti. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Dan Strategi Implementasinya.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 7, no. 2 (2019). https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100.
Nur Nasution, Wahyudin. “Strategi Pembelajaran.” Medan: Perdana Publishing, 2017.
“UU No. 2 Tahun 1989.” Diakses 1 April 2024. https://peraturan.bpk.go.id/Details/46794/uu-no-2-tahun-1989.
Yuyun Yunita, dan Abdul Mujib. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 78–90. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93.