THE FORMATION OF INDEPENDENT CHARACTER DIMENSIONS: THE ROLE OF TEACHERS IN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA AT SD IT AVICENNA LASEM

PEMBENTUKAN DIMENSI KARAKTER MANDIRI: PERAN GURU DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD IT AVICENNA LASEM

Penulis

  • Sarah Ainun Nisak STAI Al-Anwar Sarang Rembang

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.2024.v3i1.1

Kata Kunci:

Character, Independent, P5, Teacher

Abstrak

Pendidikan karakter dibutuhkan dalam proses membangun generasi penerus bangsa. Namun, masih banyak guru yang kurang peduli dengan menanamkan nilai karakter pada siswanya. Hal ini mengakibatkan terkikisnya karakter siswa, salah satunya yaitu karakter mandiri. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dalam pembentukan dimensi karakter mandiri siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (p5). Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam peran guru serta hambatan yang dialami dalam proses pembentukan dimensi karakter mandiri siswa di SD IT Avicenna Lasem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk dimensi karakter mandiri dengan menjalankan peran sebagai pengajar, pendidik, teladan, sumber belajar, fasilitator, motivator, pembimbing serta evaluator baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan, faktor penghambat peran guru dalam membentuk dimensi karakter mandiri siswa meliputi heterogenitas siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta bimbingan insentif untuk siswa berkebutuhan khusus.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, Rismawati Nur, dan Amrozi Khamidi. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Dasar” 10 (2022).

Alif, muhammad, dan Siti Maemunawati. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang, 2020.

Alkhasanah, Nuraini, Darsinah, dan Ernawati. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (15 Mei 2023): 355–65. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271.

Arsini, Yenti, Lesma Yoana, dan Yulia Prastami. “Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 3, no. 2 (13 Agustus 2023): 27–35. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.368.

Bego, Karolus Charlaes. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 5, no. 3 (2016). https://doi.org/10.33366/jisip.v5i3.306

Helaluddin, Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

Nugraha, Tono Supriatna. “Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran.” Inovasi Kurikulum 19, no. 2 (26 Agustus 2022): 251–62. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.

Nurcahyono, Novi Andri, dan Jaya Dwi Putra. “Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar,” 2022.

Ramdan, Ahmad Yasar, dan Puji Yanti Fauziah. “Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 9, no. 2 (18 Desember 2019): 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.

safitri, dewi. Menjadi Guru Profesional. riau: Pt. Indragiri Dot Com, 2019.

Sari, Nurmaya, Rosimah Siagian, dan Nurun Nazifah. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini di Ra. An Nur Medan,” 2021.

Sudirman, Jalan Jenderal. “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi,” 2024.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Cet. 6. Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharsimi dkk, Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Umrati, Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Wally, Marlina. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Studi Islam 10, no. 1 (27 Januari 2022): 70–81. https://doi.org/10.33477/jsi.v10i1.2237.

Widodo, Agung. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan,” 2021. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): conference Series https://jurnal.uns.ac.id/shes

Diterbitkan

2024-06-20

Cara Mengutip

Nisak, Sarah Ainun. 2024. “THE FORMATION OF INDEPENDENT CHARACTER DIMENSIONS: THE ROLE OF TEACHERS IN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA AT SD IT AVICENNA LASEM: PEMBENTUKAN DIMENSI KARAKTER MANDIRI: PERAN GURU DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD IT AVICENNA LASEM”. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal 3 (1):1-16. https://doi.org/10.47454/IEEJ.2024.v3i1.1.