Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.2Kata Kunci:
Konsep Pendidikan, Mahmud Yunus, Kitab At-Tarbiyatu Wa Atta’līmu, Kurikulum 2013Abstrak
Mahmud Yunus adalah salah satu tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Mahmud Yunus yang masih jarang dikenal oleh mahasiswa, khususnya dalam bidang pendidikan dan implikasinya terhadap Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakaneknik studi pustaka atau (library research). Sumber data yang diambil dari sumber primer adalah kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu karya Mahmud Yunus dan dokumen kurikulum 2013. Sumber sekunder diambil dari literatur yang berkaitan dengan tema yang peneliti ambil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada relevansi antara konsep pendidikan Mahmud Yunus dalam kitab At-Tarbiyatu Wa Atta’līmu dengan Kurikulum 2013. Dalam KI-1 memang tidak ditemukan kecocokan secara eksplisit dengan kitab At-Tarbiyatu Wa Atta’līmu, namun menurut pandangan Mahmud Yunus tujuan pendidikan secara global adalah bahagia di dunia maupun di akhirat, kebahagiaan tersebut dapat diraih dengan cara beribadah seperti yang tecangkup dalam KI-1 Kompetensi Spiritual. KI-2 Sosial berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan memperbaiki akhlak, KI-3 Pengetahuan berhubungan dengan konsep mencari ilmu, KI-4 keterampilan berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan.
Unduhan
Referensi
Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Abu. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Asfiati, Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum, Medan: Perdana Publishing, 2016.
Citalaksana, Yunadi. ‘’Dokumen 1 K13 Revisi 2017.docx’’, https://www.academia.edu/34151711/DOKUMEN_1_K13_REVISI_2017.doc. (diakses pada tanggal 1 feb 2020).
Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi, 2018.
Faisol, Pendidikan Islam Perspektif, t.t: Guepedia, t.th.
Ismail bin Abu Abdullah al-Bukhori al-Ja’fi, Muhammad Jāmi’ Musnad Shohih, (tt: Daar Touq an-Najah, 1422.
Juhroti, Siti. Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dalam Proses Pembelajaran di TK Masyitoh Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2011.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.
Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. 2011.
Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Muhaimin, Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Muhammad, Herry. Tokoh-Tokoh Islam Abad XX, Jakarta: Gema Insani Press, 2006.
Muntahibun Nafis, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.
Nasution, S. Metode Research: Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Permendikbud nomor 36 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah dalam http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud36-2018K13SMA-MALengkap.pdf diakses pada tanggal 1 Desember 2019.
Pratiwi, Widy Setyo. Penggunaan Bahasa Jawa Siswa SMP Negeri 1 Batang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2015.
Ridho, Mohammad Ali, ‘’Profil Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyah Wa At-Ta’lim)’’ (Skripsi di UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014), 69-70.
Rohman, Abdul. ‘’Perbandingan Konsep Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 (Kajian Standar Isi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang SMP).’’ Skripsi di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2015.
Rusnoto. Revolusi Mental dalam Revolusi Industri 4.0. dalam https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/02/28/122270/revolusi-mental-dalam-revolusi-industri-40. Diakses pada 18 Oktober 2019.
Soebadar, Abd. Halim. Wawasan Baru Pendidika Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. 2016.
Supinah & Parmin. Modul Matematika SD Program Bermutu Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Syamsu Yusuf dan Nani Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2012.
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2017.
Warson Munawwir, Ahmad. Kamus Almunawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Yani, Ahmad. Mindset kurikulum 2013, Bandung: Alfabeta, 2014.
Yunus dan Qosim Bakri, Mahmud. At-Tarbiyatu Wa At-Ta’līmu, t.t: al-As’Ady, t.th.