ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA JAWA DALAM MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SDIT AVICENNA LASEM DI ERA 4.0

Penulis

  • Bahasa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.2022.v1i1.1

Kata Kunci:

Javanese Language, Love of the Homeland, Era 4.0

Abstrak

Fenomena generasi muda Indonesia di era 4.0 tidak melestarikan bahasa daerah dengan alasan penggunaan bahasa Indonesia lebih mudah. Perilaku tersebut dapat mengikis rasa cinta terhadap keragaman bahasa daerah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Jawa dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SDIT Avicenna Lasem di era 4.0 serta pengimplikasian bahasa tersebut terhadap karakter cinta tanah air siswa. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDIT Avicenna Lasem, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Jawa siswa kelas IV SDIT Avicenna Lasem di era 4.0 adalah seimbang antara bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dan berada pada kategori cukup baik dengan persentase 48%. Adapun bentuk adanya karakter cinta tanah air telah banyak diterapkan di sekolah ini, termasuk penggunaan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa yang tepat. Penanaman karakter dilakukan pihak sekolah melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru. Pemahaman mengenai penggunaan bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh basa serta adanya mapel bahasa Jawa merupakan bentuk implikasi dalam penginternalisasian karakter cinta tanah air terhadap penggunaan Bahasa Jawa siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi, 2018.

Juhroti, Siti. Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dalam Proses Pembelajaran di TK Masyitoh Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2011.

Pratiwi, Widy Setyo. Penggunaan Bahasa Jawa Siswa SMP Negeri 1 Batang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2015.

Rusnoto. Revolusi Mental dalam Revolusi Industri 4.0. dalam https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/02/28/122270/revolusi-mental-dalam-revolusi-industri-40. Diakses pada 18 Oktober 2019.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. 2016.

Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. 2011.

Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Syamsu Yusuf dan Nani Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2012.

Supinah & Parmin. Modul Matematika SD Program Bermutu Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 2009.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Perubahan Kedua Bab XA Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 28I Ayat 3. Jakarta: Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. 2000.

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Bahasa Indonesia. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA JAWA DALAM MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SDIT AVICENNA LASEM DI ERA 4.0. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.47454/IEEJ.2022.v1i1.1