PENCIPTAAN MANUSIA DALAM AL-QUR'AN
Sebuah Pendekatan Ekofeminis
DOI:
https://doi.org/10.47454/alitqan.v11i1.975Kata Kunci:
Q.S. An-Nisa (4): 1, gender bias, interpretation, ecofeminismAbstrak
Penelitian ini mengkaji penafsiran ayat-ayat yang berkaitan dengan gender dalam Al-Qur'an melalui kerangka kerja ekofeminis. Fokus utamanya adalah pada Q.S. An-Nisa' (4): 1, yang secara tradisional ditafsirkan oleh para penafsir klasik dengan cara-cara yang memperkuat budaya patriarki, yang sering kali melabeli perempuan sebagai “Jenis Kelamin Kedua”. Makalah ini berargumen untuk menafsirkan ulang ayat-ayat yang bias gender dengan menggunakan pendekatan ekofeminis. Penelitian kepustakaan kualitatif ini menganalisis sumber-sumber tekstual, termasuk buku dan jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan: bagaimana Q.S. 4:1 dapat ditafsirkan dan bagaimana teori ekofeminis diterapkan pada penafsirannya. Temuan-temuannya mengungkapkan bahwa meskipun Q.S. 4:1 secara tradisional dikaitkan dengan penciptaan Hawa dari tulang rusuk Adam, penafsiran modern menekankan prinsip-prinsip egaliter, seperti hak-hak semua individu, termasuk suami, istri, dan anak yatim piatu. Ekofeminisme memberikan lensa alternatif dengan membingkai Q.S. 4:1 sebagai cerminan keterkaitan dan peran timbal balik dalam penciptaan manusia, yang menegaskan kesetaraan gender dan keselarasan ekologis.
Unduhan
Referensi
’Abduh, Muhammad, and Rasyid Ridha. Al-Manar. Vol. 4. Kairo: Dar al-Manar, 1948.
’Asyur, Ibnu. Tafsir At-Tahrir Wa at-Tanwir. Vol. 4. Tunis: Dar At-Tunisiyyah, 1984.
Ali, Maulana Muhammad. Islam The Religion of Humanity. Edisi Revi. Lahore: Ahmadiyya Anjuman-i-Ishaat-i-Islam, 1985.
———. The Holy Qur’an: Containing The Arabic Text With English Translation and Commentary. II. Lahore: Ahmadiyya Anjuman-i-Ishaat-i-Islam, 1920.
———. The Religion Of Islam: A Comprehensive Discussion of The Sources, Principles, and Practice of Islam. New Delhi: S. Chand & Company Ltd, 1936.
Andika, Mayola. “Reinterpretasi Ayat Gender Dalam Memahami Relasi Laki-Laki Dan Perempuan (Sebuah Kajian Kontekstual Dalam Penafsiran).” Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam 17, no. 2 (2018): 137–52. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/musawa.2018.172.137-152.
Azra, Aryumardi. Perempuan Dalam Transformasi Sejarah Islam. Jakarta: t.t, 1999.
Baghawi, Muhammad bin Husain bin Mas’ud. Ma’alimut Tanzil Li Tafsir Al-Baghawi. Vol. 2. Riyadh: Daaru Thayyibah, 1989.
Baidhowi, Nashiruddin Abil Khoir. Anwarut Tanzil Wa Asrarut Ta’wil Bi Tafsiril Baidhowi. Vol. 2. Istanbul: Maktabah al-Hakikat, 1998.
Barlas, Asma. Believing Women in Islam: Unreading Patriarchal Interpretations of the Qur’an. Texas: University of Texas Press, 2002.
———. Believing Women in Islam: Unreading Patriarchal Interpretations of the Qur’an. Revised. Texas: University of Texas Press, 2019.
Basri, Halimah. “Penciptaan Wanita.” Yin Yang 5, no. 1 (2010): 168–98. https://web.archive.org/web/20170618081515id_/http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id:80/index.php/yinyang/article/viewFile/266/235.
Birkeland, Janis. “Ecofeminism: Linking Theory and Practice.” In Ecofeminism: Women, Animals, Nature, edited by Greta Gaard. Philadelphia: Temple University Press, 1993.
Bryson, Valerie. Feminist Political Theory: A Introduction. London: Macmillan, 1992.
Fahimah, Siti. “Ekofeminisme: Teori Dan Gerakan.” Alamtara : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2017): 6–19. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/220.
Gaard, Greta. Critical Ecofeminism. Maryland: Lexington Books, 2017.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Vol. 2. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD Singapura, 1989.
Hanafi, H. “Teologi Penciptaan Perempuan:Rekonstruksi Penafsiran Menuju Kesetaraan Gender.” Buana Gender 1, no. 2 (2016): 143–63. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/bg.v1i2.408.
Höing, Anja. The Routledge Handbook of Ecofeminis. The Routledge Handbook of Ecofeminism and Literature, 2022.
Hunga, Arianti Ina Restiani, and Anita Dhewy. “Perempuan Dalam Pandemi Covid-19: Kerentanan, Resiliensi, Dan Relevansi Kehadiran Negara (Studi Kasus Komunitas Perempuan Tenun Dan Batik).” In EKOFEMINISME V: Pandemi Covid-19, Resilensi, Dan Regenerasi Kapitalisme, edited by Dewi Candraningrum, Arianti Ina Restiani Hunga, and Anita Dhewy, 1–31. Salatiga: Parahita Press, 2020.
Irsyadunnas, Irsyadunnas. “Tafsir Ayat-Ayat Gender Ala Amina Wadud Perspektif Hermeneutika Gadamer.” Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam 14, no. 2 (2015): 123. https://doi.org/10.14421/musawa.2015.142.123-142.
Mahalli, Jalaluddin, and Jalaludin Suyuthi. Tafsir Al-Jalalain Al-Maysir. Beirut: Maktabah Libanon Nasyirun, 2003.
Matswah, A. “Reinterpretasi Ayat-Ayat Tentang Relasi Gender Dalam Keluarga.” Suhuf 7, no. 2 (2014): 303–28. https://www.academia.edu/download/58839615/Artikel_Akrimi_Jurnal_Suhuf_Vol_7_2014.pdf.
Megawangi, Ratna. “Perkembangan Teori Feminisme Masa Kini Dan Mendatang Serta Kaitannya Dengan Pemikiran Keislaman.” Jurnal Tarjih Dan Pengembangan Pemikiran Islam 1, no. 1 (1996): 12–21. https://jurnal.tarjih.or.id/index.php/tarjih/article/view/10%0Ahttp://jurnaltarjih.or.id/index.php/tarjih/article/view/10.
Mies, Maria, and Vandana Shiva. Ecofeminism. London: Zed Books, 1993.
Mulia, Siti Musdah. Islam Dan Inspirasi Kesetaraan Gender. Yogyakarta: Kobar Press, 2007.
Odih, Pamela. Watersheds in Marxist Ecofeminism. British Library. Cambridge: Cambridge Scholars Publishing, 2014.
Qurthubi, Abi ’Abdullah Muhammad. Al-Jami’ul Ahkam Al-Qur’an. Beirut: Ar-Risalah, 2006.
Rohmatul Izzad. “Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam.” AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an 4, no. 1 (2018): 29–52. https://doi.org/10.47454/itqan.v4i1.678.
Ruether, Rosemary Radford. “Ecofeminism: Symbolic and Social Connections of the Oppression of Women and the Domination of Nature.” In Ecofeminism and the Sacred, edited by Carol J Adams. New York: Continuum, 1995.
Saleh, Muhamad. “Penciptaan Hawa Dalam Al-Qur’an (Sebuah Basis Argumen Kesetaraan Gender).” Institute PTIQ Jakarta. Institute PTIQ Jakarta, 2018.
Salleh, Ariel. Ecofeminsm As Politics: Nature, Marx, and The Postmodern. Second. London: Zed Books, 2017.
Siregar, Parluhutan. “Peran Teori Qirāʾāt Dalam Memahami Ayat-Ayat Relasi Gender.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 1 (2020): 84–98. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i1.131.
Sulaiman, Muqatil bin. Tafsir Muqatil Bin Sulaiman. Vol. 1. Beirut: Muassasah at-Tarikh al-’Arabi, 2002.
Surya, Mintaraga Eman. “Tafsir Ayat-Ayat Gender Dalam Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ekofeminisme: Kritik Terhadap Tafsir Feminisme Liberal.” MUWAZAH 6, no. 1 (2014): 55–75. https://doi.org/10.28918/muwazah.v6i1.9078
Sya’rani, Afifur Rochman. “Hermeneutic Reading Of Qur’anic Exegesis:A Comparison of Amina Wadud’s and Mohammed Talbi’s Interpretations of Q.4: 34.” Suhuf 9, no. 2 (2016): 193–214. https://jurnalsuhuf.kemenag.go.id/suhuf/article/view/155/138.
Taufiq, Muhammad Izzuddin. Dalil Anfus: Al-Qur’an Dan Embriologi (Ayat-Ayat Tentang Penciptaan Manusia). Edited by Ch Al-Qois and Fiedha ’L Hasyim. Translated by Muhammad Arifin, Muhammad Masnur Hamzah, and Abdul Hafidz Kindi. Solo: Tiga Serangkai, 2006.
Thabari, Abi Ja’far Muhammad bin Jarir. Ja’miul Bayan ’an Ta’wil Al-Qur’an Li Tafsir Ath-Thabari. Vol. 7. Kairo: Maktabah Ibn Taimiyah, n.d.
Vakoch, Douglas A. Ecofeminism in Dialogue. Maryland: Lexington Books, 2018.
Wadud, Amina. Qur’an and Woman: Rereading the Sacred Text from a Woman’s Perspective. New York: Oxford University Press, 1999.
Wartini, Atik. “Tafsir Feminis M. Quraish Shihab: Telaah Ayat-Ayat Gender Dalam Tafsir Al-Misbah.” Palastren 6, no. 2 (2013): 473–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v6i2.995.
Zahrah, Muhammad Abu. Zahratu At-Tafasir. Kairo: Dar Al-Fikr ’Arabi, n.d.
Zulaiha, Eni. “Analisa Gender Dan Prinsip Prinsip Penafsiran Husein Muhammad Pada Ayat-Ayat Relasi Gender.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir 3, no. 1 (2018): 1–11. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i1.3125.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Roma Wijaya (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.