TERJEMAH DAN TAFSIR DI JAWA AWAL ABAD KE-18
Studi Filologis Bundel Naskah Kajen
DOI:
https://doi.org/10.47454/itqan.v6i2.722Abstrak
Penelitian ini mengkaji teks Terjemah dan Tafsir Surah al-Fatihah (TTSF) yang terdapat dalam Bundel Naskah Kajen (BNK) yang dinisbatkan sebagai karya Ahmad Mutamakkin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan naskah, menghadirkan suntingan teks serta menganalisis metode terjemah dan corak penafsiran surah al-Fatihah yang terdapat dalam BNK. Penelitian ini menggunakan pendekatan filologi, teori terjemah serta corak penafsiran perspektif al-Dhahabī. Penelitian ini menemukan: pertama, penisbatan BNK sebagai karya Ahmad Mutamakkin sangat mungkin benar, karena merujuk Bizawie naskah tersebut ditulis pada tahun 1705 M., semasa dengan Ahmad Mutamakkin (1645-1740). Kedua, tafsir surah al-Fatihah yang terdapat dalam BNK tidak seperti penafsiran surah-surah al-Fatihah pada umumnya yang cenderung menafsirkan surah al-Fatihah dalam konteks pelungguhan (kedudukan) tiap kata dari surah al-Fatihah ke dalam anatomi tubuh manusia seperti ubun-ubun, mata, napas, dada, jantung, lidah, kulit dan bagian tubuh lain untuk menunjukkan kemanunggalan (kesatuan) wujud antara hamba dengan tuhannya yang mana penafsiran tersebut tergolong sebagai tafsir yang bercorak sufi naẓarī dan mengapropriasi doktrin wahdah al-wujūd, sebuah doktrin yang banyak berkembang di wilayah Nusantara pada masa itu. Lebih lanjut implikasi dari studi ini, jika naskah ini dapat diterima sebagai karya Ahmad Mutamakkin maka tradisi penulisan tafsir di Jawa telah dimulai lebih awal dari temuan-temuan sebelumnya.
Kata Kunci: terjemah dan tafsir surah al-Fatihah, Bundel Naskah Kajen, doktrin wahdah al-wujūd.
Unduhan
Referensi
al-Qur’an al-Karim
Almakki, Arsyad. “Filologi: Sebuah Pendekatan Mengkaji Kitab Keagamaanâ€. Al-Qalam, vol. 11, no. 23, 2017.
Aná¹£ÄrÄ« (al), Ibnu Manẓūr.LisÄn al-‘ArÄb. Beirut: DÄr á¹¢ÄdÄ«r, 1414 H.
Asif, Muhammad. “Tafsir dan Tradisi Pesantren Karakteristik Tafsir Al-IbrÄ«z karya Bisri Mustofaâ€. SUHUF Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, 9, 2, 2016, hlm. 241-272.
Aziz, Munawar. “Konsep Peradaban Islam Nusantara: Kajian atas Pemikiran Syekh Ahmad Mutamakkin (1645-1740) dan K.H. Sahal Mahfudz (1937-2015)â€. Lektur Keagamaan, vol. 13, no. 2, 2015, hlm. 455-474.
Baried, Siti Baroroh dkk. Pengantar Teori Filologi, Yogyakarta: Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas, Seksi Filologi, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, 1994.
Bundel Naskah Kajen.
Baidan, Nasrudin. Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Bizawie, Zainul Milal. Perlawanan Kultural Agama Rakyat (Pemikiran dan Paham Keagamaan Syekh Ahmad Mutamakkin dalam Pergumulan Islam dan Tradisi (1645-1740). Yogyakarta: SAMHA, 2002.
DhahabÄ« (al) , Muhammad HusaÄ«n.al-TafsÄ«r wa al-MufassirÅ«n. Kairo: DÄr al-Hadith, 2012.
Fathurahman, Oman. Filologi Indonesia: Teori dan Metode.Jakarta: Kencana, 2015.
Gufron, Mohammad & Rahmawati, Ulumul Qur’an Praktis dan Mudah. Yogyakarta: Teras, 2013.
Gusmian, Islah. “Pemikiran Tasawuf Syekh Ahmad Mutamakkin: Kajian Hermeneutik Atas Naskah ‘Arsy Al-Muwahhidinâ€.Lektur dan Keagamaan, vol. 11, no. 1, 2013, hlm. 57-90.
Harley, Harliantara. “Makna Gaib Al-Fatihah Syekh Siti Jenar†dalam https://www.youtube.com/watch?v=do9YviF6gBQ, (diakses pada 1 Maret 2020).
Hifny RozzÄq, Ahmad. Kaifiyyah al-Ma’ani bi al-Ikhtiá¹£Är. Jawa Timur: Hidayah, 2001.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Kementrian Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Sygma Exagrafika, 2011.
Lubis, Nabilah.Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Forum Kajian Bahasa dan Sastra Arab Fak. Adab IAIN Syarif Hidayatullah, 1996.
M. Solahuddin. Napak Tilas Masyayikh. Kediri: Nous Pustaka Utama, 2012.
Masrofiqi Maulana, Muhammad.“Penafsiran Sufistik-Kejawen Atas Surah Al-Fatihah (Studi Analisis atas Manuskrip Kyai Mustojo)â€. Skripsi, Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2017.
Muzairi. “Pembangkangan Mistik Jawa Dalam Suluk Cebolek (Episode Haji Ahmad Mutamakkin)â€. ESENSIA, vol. XII, no. 1, 2011, hlm. 21-38.
Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Offline, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2010.
Permadi, Tedi. Naskah Nusantara dan Berbagai Aspek yang Menyertainya. Ttp: tnp, tth.
Rosyid, Abdul. “Analisis Semiotik Dalam Buku Pakem Kajen Syaikh Mutamakkinâ€. Skripsi, Semarang: UIN Walisongo, 2015.
Said, Nur. “Meneguhkan Islam Harmoni Melalui Pendekatan Filologiâ€.Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, vol 4, no. 2, 2016.
Sanusi.Perjuangan Syekh Ahmad Mutamakkin. Pati: Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM), 1999.
Sangidu. Tugas Filologi: Teori dan Aplikasinya dalam Naskah-Naskah Melayu.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Syukron, Muhammad.“Pemikiran Tasawuf KH. Ahmad Mutamakkinâ€. Skripsi, Yogjakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Sulistyorini, Dwi. Filologi: Teori dan Penerapannya. Malang: Madani, 2015.
Sulaiman. “Ajaran Tasawuf Dalam Naskah Sirr al-LathÄ«fâ€. Analisa, vol. 21, no. 1, 2014.
Tim Raden.Al-Qur’an Kita Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah. Lirboyo: Lirboyo Press, 2011.
Ubaidillah Ahmad dan Yuliyatun Tajuddin. Suluk Kiai Cebolek (Dalam Konflik Keberagaman dan Kearifan Lokal). Jakarta: Prenada, 2014.
UIN Sunan Kalijaga. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2005.
Warson Munawwir, Ahmad. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Wawancara dengan Muktinah, Sekarjalak, Pati, 10 September 2019.
Wawancara. H. Husein Abdul Jabbar, Kajen, Pati, 8 September 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 nailissaadah, Muhammad Asif

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.