Pembelajaran Praktik Ibadah Bagi Siswa Penyandang Disabilitas
DOI:
https://doi.org/10.47454/IEEJ.2024.v3i1.4Kata Kunci:
Praktik Ibadah, Disabilitas, Tunanetra, TunagrahitaAbstrak
Pembelajaran praktik ibadah merupakan salah satu bagian penting dalam membentuk siswa menjadi manusia sempurna yang diciptakan untuk beribadah. Permasalahannya pembelajaran ini menghadapi kesulitan tersendiri saat dilaksanakan pada siswa penyandang disabilitas. Oleh karenanya guru perlu menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan dengan karakteristik materi dan kondisi disabilitas yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran praktik ibadah di SDLB Negeri Semarang, dengan fokus penelitian pembelajaran praktik salat untuk siswa tunanetra di kelas 3 dan Pembelajaran praktik wudu untuk siswa tuna grahita di kelas 5. Penelitian ini merupakan field research dengan jenis kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran praktik ibadah pada siswa penyandang disabilitas harus disesuaikan dengan karakteristik materi dan kondisi disabilitas siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa dalam pembelajaran praktik ibadah bagi siswa penyandang disabilitas di SDLB Negeri Semarang digunakan metode berbeda untuk pembelajaran siswa yang memiliki kondisi ketunaan berbeda. dalam pembelajaran praktik ibadah salat siswa tunanetra kelas 3, guru menggunakan metode modeling. Sedangkan dalam pembelajaran praktik wudu siswa tunagrahita kelas 5, guru menggunakan kombinasi metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan permainan.
Unduhan
Referensi
Abidin, Zaenal. Fiqh Ibadah. Yogyakarta: Deepublish. 2020.
Amka, Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. 2021.
Arsyad, A. R. (2022). “Religious Education Services for Children with Special Needs”. Jurnal Al-Qalam, 29(2), 57–61. DOI: https://doi.org/10.31969/alq.v28i1.1030
Bandura, Albert. Social Learning Theory, New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 1977
Cho, Eunil David. “Prayer As A Religious Narrative: The Spiritual Self and The Image of God”. Pastoral Psychol. 2019.
Damayanti, Dini Dkk. Jago Mendesain Pembelajaran. t.t: Guepedia. 2021.
Fiantika, Feny Rita Dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi. 2022.
Franssen, S. (2020). “Religious Participation of Persons with Disabilities in Java”. Indonesian Journal of Disability Studies, 7(1), 15–18. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2020.007.02.07
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.
Hanum, Lathifah. ”Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 11. No. 2. 2014. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2014.112-05
Hardani Dkk, Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group. 2020.
Irdamurni. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Kuningan: Goresan Pena. 2018.
Kementerian Agama RI. Al-Qur'an dan Terjemahnya. (2019). Jakarta: Dalam https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/51?from=56&to=56 diakses tanggal 20 April 2024.Lubis, Halfian. Pedoman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus Untuk SDLB. Jakarta: Kementrian Agama Republik
Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish. 2020.
Minsih. Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Merangkul Perbedaan Dalam Kebersamaan. Surakarta: Muhammadiyah University Press. 2020.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigm Baru Ilmu
Komunikasi Dan Ilmu Sosial), Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Musya’adah, Umi. ”Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. Vol. 1. No. 2. 2018. DOI: https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556
Nisa, Khaerun.”Panorama Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa ABCD Dharma Wanita Herlang. Jurnal Educandum”. Vol. 6. No. 1. 2020.
Nuha, U. “Strategi Pembelajaran PAI untuk Siswa Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di SLB Negeri Seduri – Mojokerto”. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara. Vol.1 No.4. 2024.
Nurudin, Ismail dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Sahabat Cendekia. 2019.
Nuryati, Nunung. Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. t.t: Unisa Press. t.th.
Prasetiyo, Dwi. Wawancara. Semarang. 04 Maret 2024.
Purnami, Nyilo dan Rudi Pekerti. Mendeteksi Dini dan Memandirikan Anak Berkebutuhan Khusus di Jawa Timur. Surabaya: Airlangga University Press. 2021.
Rahman, M. Z. A. “Enhancing Spiritual Inclusion: A Systematic Literature Review on the Intersection of Disabilities and Worship Practices Among People with Disabilities ”. GBMR Journal, 16(2s), 210–214. 2024.
Rukajat, Ajat. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shokhibun Ni'am

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
