KONSTRUKSI METODOLOGIS TAFSĪR AYĀT AL-AḤKĀM MIN AL-QUR’AN AL-KARĪM KARYA ABIL FADHAL
DOI:
https://doi.org/10.47454/itqan.v5i2.713Abstrak
Tulisan ini akan mencoba mendiskusikan bagaimana konstruksi metodologis Abil Fadhal dalam karyanya TafsÄ«r AyÄt Al-AḥkÄm Min Al-Qur’an Al-KarÄ«m yang menjadi suatu karya penyegar tafsir dengan nuansa fikih di Indonesia. Ketidak-seimbangan kajian fikih dengan kajian tafsir aḥkam di Indonesia menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan upaya verifikasi hukum pada sumber hukum utama agama Islam (al-Qur’an) kurang begitu diminati dan masih tertutup rapat. Abil Fadhal melalui tafsirnya TafsÄ«r AyÄt al-AḥkÄm min Al-Qur’an al-KarÄ«m kemudian tampil dan mencoba mendobrak tradisi tersebut. Sebagai tokoh tafsir Indonesia yang lahir di era kotemporer, ia tidak menganut aliran-aliran tafsir yang berkembang pada masanya. Abil Fadhal memilih patuh pada asas-asas ulama terdahulu yang dinilai lebih orinisal, dengan menyadarkan penafsirannya pada riwayat asbÄbal-nuzÅ«l dan hadis ahkÄm serta menukil pendapat ulama terdahulu. Namun demikian, penggunaan istilah-istilah sesuai dengan konteks lokalitas serta penyajiannya yang lugas (ijmÄli) menunjang nuansa kotemporer di dalamnya.
Kata Kunci : TafsÄ«r AyÄt al-AḥkÄm min Al-Qur’an al-KarÄ«m, Abil Fadhal, Kontruksi Metodologis
Unduhan
Referensi
Arifin, Mohamad Zaenal. “Aspek Lokalitas Tafsir Fayd al-Rahman Karya Muhammad Sholeh Darat”, Maghza: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, vol. 3,no. 1 (2018).
Asif, Muhammad. “Tafsir dan Tradisi Pesantren Karakteristik Tafsiral-Ibriz Karya Bisri Mustofa”, Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, vol. 9, no. 2 ( 2016).
_____________. Kiai Abil Fadhol as-Senori Jejak Ilmu Sang PenulisKitab Tashȋl al-Masȃlik Syarh Alfiyah Ibnu Malik. Yogyakarta: Pustaka Pesantren. 2013.
_____________. Humam, Abd Wadud Kasyful. “Tafsir Al-ahkam Abil Fadhol Alsenory: Sebuah Kajian Model Tafsir Analisis Kritis”, Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, vol. 16, no. 1(2019).
Baihaqī(al),Abū Bakr. al-Sunan al-Kubrā. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 2003.
Bayḍawī (al),Nāṣir al-Dīn Abū Sa’īd ‘Abd Allah bin ‘Umar bin Muhammad al-Shayrāzī. Anwār al-Tanzīl wa Asrār al-Ta’wīl. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāth al-‘Arabī. 1418.
Bukhārī(al), Muḥammad bin Ismā’īl Abu Abdillah. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. ttp:Dār al-Ṭūq al-Najāh: 1422.
Dārimī(al), Abu Muhammad Abdillah al-Ṣamad. Sunanal-Dārimī. t.t: Dār al-Mugnī li al-Nashr wa al-Tauzī’. 2000.
Fadhol, Abil. Tafsīr ayāt al-Aḥkām min Al-Qur’an al-Karīm. Naskah salinan Mujami’, tidak dipublikasikan.
Farmawi (al), Abdul Hayy. Metode Tafsir Maudu’i dan Cara Penerapannya, terj. Rosihon Anwar. Bandung: CV Pustaka Setia, tth.
Gusmian, Islah. “Bahasa dan Aksara dalam Penulisan Tafsir Al-Qur’an di Indoneisa Era Awal Abad 20 M” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, vol. 5. no. 2 (2015).
Ja’fī(al), Muḥammad bin Ismaīl Abū Abdillah al-Bukhārī. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. t.t: Dār al-Ṭūq al-Najāh. 1422.
Madinī (al), Mālik bin Anis bin Mālik bin ‘Ᾱmir al-Aṣbiḥī. al-Muwaṭā’. Emirat: Muassasah Zaid bin Sulṭān Ᾱl Nihyān li al-A’māl al-Khairiyyah wa al-Insāniyyah. 2004.
Maḥallī(al), Jalāl al-Dīn dan al-Suyūṭī, Jalāl al-Dīn. Tafsīr al-Jalālayn. Kairo: Dār al-Ḥadth. tth.
Mundzir, Ahmad. & Cholis, Nur. Perjalanan NU Tuban dari Masa 1935-2013. Tuban: PC NU Tuban. 2014.
Naisābūrī(al), Abū al-Ḥasan bin ‘Alī bin Aḥmad bin Muḥammad bin ‘Alī al-Wāḥidī. Asbāb al-Nuzūl al-Qur’ān. al-Damām: Dār al-Iṣlāḥ. 1992.
Nasā’ī(al). al-Sunan al-Kubrā. Beirut: Muassasah al-Risālah. 2001.
Nasafī(al). Madārik al-Tanzīl wa Ḥaqāiq al-Ta’wīl. Beirut: Dār al-Kalm al-Ṭīb. 1998.
Qazwinī(al), Ibn Mājah Abu Abdillah Muhammad bin Yazīd. Sunan Ibn Mājah. t.t: Dār Iḥyā’ al-Kutub al-‘Arabiyyah. tth.
Ṣadr (al), Muhammad Bāqir. al-Madrasah al-Qur’aniyyah al-Sadr. ttp: Dār al-Kitāb al-Islāmī, tth.
Saha, M. Ishom El. “Mengatasi Kelangkaan Tafsir Ahkam di Tengah Komunitas Penggiat Fikih Nusantara”, Suhuf Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, vol. 3, no. 2 (2010).
Shāfi’ī(al). al-Musnad. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah. tth.
Shaibānī(al), Abū Abdillah Aḥmad bin Hanbal bin Hilāl bin Asad. Musnad al-Imām Aḥmad bin Hanbal. t.t: Muassasah al-Risālah. 2001.
Sijistānī(al), Abū Dāwud Sulaiman. Sunan Abī Dāwud. Beirut: al-Maktabah al-‘Iṣriyyah. tth.
Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada. 2013.
Suyūṭī(al), Jalāl al-Dīn. Lubāb al-Nuqūl. Lebanon: Dār al-Kutub al-‘Ῑlmiyyah Beirūt, T.th.
Syahni, Abid. “Mufasir dan Kitab Tafsir Nusantara (Tafsir Turjuman al-Mustafid Karya Abd. Rauf As-Sinkili)”. Nun: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir di Nusantara, vol. 5, no. 1 (2019).
Yatīmī(al), Muḥammad bin Ḥibbān bin Aḥmad bin Ḥibbān bin Mu’ād bin Ma’bad. Ṣaḥīḥ Ibn Ḥibbān bi Tartīb Ibn Bilbān. Beirut: Muassasah al-Risālah. 1993.
Zamakhsyarī(al). Al-Kasyāf ‘an Ḥaqāiq Gawāmiḍ al-Tanzīl. Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabī. 1407.
Zuhdi, M. Nurdin. 2014. Tafsir Indonesia dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Zurqānī (al). Manāhil al-‘Irfān fī Ulūm Al-Qur’an. ttp: Maṭba’ Isā al-Bābī al-Ḥalbī. tth.
Wawancara dengan Mujamik pada 8 Mei 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Fatihatus Sakinah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.