PENGGUNAAN SIYĀQ DALAM KITAB AL-TAFSῙR AL-ḤADῙS KARYA MUHAMMAD IZZAT DARWAZAH
DOI:
https://doi.org/10.47454/itqan.v5i1.706Abstrak
SiyÄq (konteks) memiliki peran yang penting dalam menentukan makna saat menafsirkan ayat-ayat al-Qur`an. Suatu kalimat, ungkapan, atau teks bahasa tidak dapat diketahui dan dipahami tanpa melihat konteksnya, baik konteks bahasa ataupun konteks situasi yang melatarbelakangi teks tersebut. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan siyÄq (konteks) sebagai pisau analisis terhadap penafsiran Muhammad Izzat Darwazah dalam kitab al-TafsÄ«r al-ḤadÄ«s. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana siyÄq (konteks) difungsikan, kapan dan dimana siyÄq (konteks) tersebut digunakan berdasarkan teori kontekstual, teori dirÄsah mÄ fÄ« al-qur’Än dan dirÄsah mÄ á¸¥aul al-qur’Än. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam menafsirakan ayat al-Qur`an, Izzat Darwazah menggunakan siyÄq (konteks) untuk mentarjih makna ayat, menentukan ayat Makiyah dan Madaniyah, serta menentukan sebagian peletakan urutan surah madaniyah.
Kata kunci: Al-TafsÄ«r al-ḤadÄ«s, Izzat Darwazah, siyÄq (konteks), makna.
Unduhan
Referensi
Al-Qur’ān al-Karīm. Kudus: Mubarakatan Ṭayyibah. tth.
Adlawi, Ali. “Aṣaru Tartīb Nuzūl al-Qur`an fī al-Ibnāi al-‘Aqāidi wa al-Sulūki al-Ḥadari li al-Ummat al-Islāmiyah”. Disertasi, Universitas Abu Bakr Belqaed, 2013.
‘Iyāzi, Muhammad Ali. al-Mufasirūn: Ḥayātuhum wa Manhajuhum. ttp: al-Tsaqafah al-Irsyadi al-Islamy. tth.
Ahmad, Syukraini. “Urgensi Siyāq dalam Penafsiran al-Qur`an”. Jurnal Syi’ar,vol. 17 no. 1(2017).
Aẓīm, Muhammad Abdul. Manāhil al-‘Irfān. Bairūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī. 1995.
Bahri, Samsul. ”Peran al-Siyāq (Konteks) dalam Menentukan Makna”. Ittihad Jurnal,vol. 14, no. 26(2016).
Darwazah, Muhammad Izzat. al-Qur`an al-Majīd fī Muqaddimah al-Tafsīr al-Ḥadīs. Baerut: Dār al-Garb al-Islāmī.2000.
_________. al-Tafsīr al-Ḥadīs Tartīb al-Suwar Ḥasab al-Nuzūl. Bairūt: Dār al-Gharbi al-Islāmī. 1421.
_________. Sīrah al-Rasūl Ṣuwar Muqtabasah min al-Qur’ān al-Karīm. Baerut: Manshūrāt al-Maktabah al-‘Aṣriyah. tth.
Hassan, Tammam. Maqālāt fī al-Lughah wa al-Adab. Kairo: ‘Alam al-Kutub. 2006.
Iṣlah,Ali As’ad. “‘Ilm al-Tafsīr fī al-Tafsīr al-Ḥadīs”.Jurnalal-Quds ‘Asmah al-Saqāfah al-‘Arabiyah.2009.
Jurjānī (al), Abu Bakar Abd al-Qahir Ibn Abd al-Rahman Ibn Muhammad. Dala’il al-I’jaz. Bairut: Dar al-Kitab al-Arabi. 1995.
Karmillah,Imroati. “Peranan Konteks Sosio-Historis dalam Penafsiran Muhammad Izzat Darwazah”. Jurnal Maghza,vol. 2, no. 1(2017).
Kathīr, Abū al-Fida’ Ismā’īl Ibnu. Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm. Baerūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 1419.
Khālidī (al), Shalah Abdul Fattah. Ta’rīf al-Dārisīn bi Manāhij al-Mufasirīn. Damaskus: Dār al-Qalam.2002.
Pari, Faris, dkk.Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian al-Qur`an dan Hadis (teori dan aplikasi). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Pratama, Rizki Dimas. “Kecenderungan Politik dalam Penafsiran Muhammad Izzat Darwazah”. Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017.
Qutb, Sayyid. Fī Dzilāl al-Qur’ān. Kairo: Dār al-Syuruq. 1972.
Salwādī, Ḥasan ‘Abd al-Rahman. Min A’lāmi al-Fikr al-Falistīn. al-Qudsi: Dār al-Qudsi. 1991.
Shāṭibī (al), Ibrāhīm Ibn Mūsā. al-Muwāfaqāt. Cairo: Dār Ibnu ‘Affān. 1997.
Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Press. 2014.
Syuhada, Muhamad. “Analisis Tentang Metode dan Corak Penafsiran M. Izzat Darwazah dalam Kitab al-Tafsīr al-Ḥadīs”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2017.
Wijaya, Aksin. Sejarah Kenabian dalam Perspektif Tafīr Nuzūlī Muhammad Izzat Darwazah. Bandung: Mizan. 2016.
Zarkashi (al), Badruddin Muhammad Ibn Abdillah. al-Burhān fī ‘Ulūm al-Qur`an. Cairo: Dār Iḥyā al-Kutub al-‘Arabiyyah. 1957
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Anisatul Khoiriyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.