RESEPSI SANTRI DAN GENEOLOGI TRADISI WIRID FAFAHAMNA

Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Fattah Kartasura

Penulis

  • Muhamad Khabib Imdad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fiqih Firdaus Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47454/alitqan.v9i1.1009

Abstrak

Beragam tradisi dalam tatanan masyarakat atau kelompok Islam tidak sedikit berupa geliat-geliat yang berangkat dari eksistensi Al-Qur’an di tengah mereka. Sebagaimana marak dijumpai beragam tradisi pembacaan teks al-Qur’an belakangan ini, baik dilakukan secara komunal maupun individual. Lazimnya pembacaan al-Qur’an dapat dilakukan kapan waktu, namun lahirnya sebuah tradisi sehingga al-Qur’an atau bagiannya dijumpai dibaca pada saat-saat tertentu. Fenomena ini sama halnya berlaku di Pondok Pesantren Al-Fattah Kartasura yang memiliki tradisi wirid fafahamna atau membaca Surah Al-Anbiyā’ ayat 79 selepas shalat Isya’ secara komunal oleh para santri. Hal tersebut yang kemudian menggiring penulis untuk menelusuri genealogi tradisi tersebut serta menggali bagaimana resepsi para santri atasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian lapangan (field research) terhadap fenomena tradisi tersebut. Sumber data penelitian ini dan didapat dari keterangan beberapa elemen pondok pesantren, yakni pengasuh, pengurus, dan para santri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Sementara pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data dengan teknik dan sumber dengan metode penelitian menerapkan metode deskriptif-analitif. Hasil penelitian ini yaitu, Pertama: Tradisi pembacaan wirid fafahamna ini dilaksanakan setiap setelah jamaah shalat Isya’ di Masjid Nurul Iman bagi santri putra dan asrama putri bagi santri putri dengan membaca surat tersebut dan dzikir-dzikir lainnya sebanyak 10 kali. Secara genealogis, zikir ini didapatkan pengasuh dari Bapak Fathurrahman yang mana bersumber dari Kyai Idris Kacangan Boyolali. Kedua: Tradisi ini menelurkan beberapa resepsi dari santri, yakni membentuk kepribadian, mendatangkan ketenangan hati, mempermudah segala urusan, dan mempermudah dalam hal belajar (makna utama).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad bin Hanbal bin ’Ajibah Al-Hasani. Lebih Dekat Kepada Allah: Jangan Asal Beriman. Bandung: Pustaka Hidayah, 2007.

Anas Mujahiddin dan Muhammad Asror. “Telaah Tafsir Marah Labid Karya Nawawi Al-Bantani.” Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2021).

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII Dan XVIII: Akar Pembaharuan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2004.

Chirzin, M. Mansyur dan Muhammad. Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadis. I. Yogyakarta: TH-Press, 2007.

Fathurrosyid. “Tipologi Ideologi Resepsi Al Quran Di Kalangan Masyarakat Sumenep Madura.” El Harakah 17, no. 2 (n.d.): 218–39. https://doi.org/10.18860/el.v17i2.3049

Gallop, Annabel Teh. “Seni Mushaf Di Indonesia, Terj. Ali Akbar.” Lektur 2, no. 2 (2004).

Gusmian, Islah. “Paradigma Penelitian Tafsir Di Indonesia.” EmPirisma 24, no. 1 (2015).

Hafid Nur Muhammad, Dudung Abdul Karim, Dais Hajjar Fauziah. “Corak Sufistik Dalam Tafsir Fayd Ar-Rahman.” Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 2 (2022).

Huda, Nur, Ahmad Habiburrohman Aksa, Ahmad Musonnif Alfi, dan Faridlatus Sya’adah. “Tradisi Muqaddaman di Desa Banjaragung Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara: Sebuah Kajian Living Qur’an.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 6, no. 1 (2022): 105–24. https://doi.org/10.29240/alquds.v6i1.3307.

Huda, Nur, dan Athiyyatus Sa’adah Albadriyah. “Living Quran: Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Husna Desa Sidorejo Pamotan Rembang.” Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman 8, no. 3 (2020): 358–76. https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.266.

Iser, Wolfgang. The Act of Reading: A Theory of Aesthetic Respone. Baltimore: John Hopkins University Press, 1987.

Mansur, M. Living Qur’an Dalam Lintasan Sejarah Studi Al-Qur’an Dalam Metode Penelitian Living Qur’an Dan Hadits. Edited by Sahiron Syamsuddin. Yogyakarta: Teras, 2007.

Muhammad, Ahsin Sakho. Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Qaf, 2022.

Muhammad Ma’aliyal Umur. “Resepsi Fungsional Surat Yasin Dan Al-Waqi’ah (Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Singosari Malang).” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2024.

Najah, Hidayatun. “Resepsi Al-Qur’an Di Pesantren (Studi Pembacaan Surat Al-Fath Dan Surat Yasin Untuk Pembangunan Pondok Pesantren Putri Roudloh Al-Thohiriyyah Di Kajen Margoyoso Pati.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019.

Pradopo, Rachmat Djoko. Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Rafiq, Ahmad. “Pembacaan Atomistik Terhadap Al Quran: Antara Penyimpangan Dan Fungsi.” Jurnal Studi Quran Dan Hadith 4 (2004).

———. Sejarah Al Quran: Dari Pewahyuan Ke Resepsi (Sebuah Pencarian Awal Metodologis) Dalam Islam Tradisi Dan Peradan. Yogyakarta: Suka Press, 2012.

———. “The Reception of The Qur’an in Indonesia: A Case Study of The Place of The Qur’an in a Non-Arabic Speaking Community.” The Temple University Graduate Board, 2014.

Ratna. Teori Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ratna, Nyoman Kutha. Sastra Dan Cultural Studies Representasi Fiksi Dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Rini Cahyadi dan Reni Nursolihah. “Penerapan Model Markov Tersembunyi Untuk Mengetahui Presentase Kecocokan Dari Deoxyribonucleic.” Statistika: Journal of Theoretical Statistic and Its Aplication 15, no. 2 (n.d.).

Rohman, Emzir dan Saifur. Teori Dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Rummanah. “Tradisi Pembacaan Ayat AL-Ḥirz (Kajian Living Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Penyeppen Pamekasan Madura).” Institut Ilmu Al-Qur’an, 2022.

Widia Duwi Putri dan Ilzam Hubby Dzikrillah Alfani. “Kajian Living Qur’an: Pembacaan Ayat-Ayat Pilihan Sebagai Thematic Actual Curriculum Di Pondok Pesantren Al-Wafa Cibiru Bandung.” Madinah: Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (2023).

Yogie Pranowo. “Genealogi Moral Menurut Foucault Dan Nietzsche: Beberapa Catatan.” Melintas 32, no. 3 (2016).

Yudi Latief. Intelegensia Muslim Dan Kuasa. Jakarta: Democracy Project, 2012.

Zaman, Akhmad Roja Badrus. “Resepsi Al-Quran Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab Dan Humaniora, IAIN Purwokerto 4, no. 1 (2019): 15–31. https://doi.org/10.24090/maghza.v4i1.2142.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2023

Cara Mengutip

Muhamad Khabib Imdad, dan Fiqih Firdaus. 2023. “RESEPSI SANTRI DAN GENEOLOGI TRADISI WIRID FAFAHAMNA: Kajian Living Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Fattah Kartasura”. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an 9 (1):82-107. https://doi.org/10.47454/alitqan.v9i1.1009.