METODE TAFSIR SINTESIS (TAWḤĪDI) MUḤAMMAD BAQIR AL-ṢADR

DARI REALITAS KE TEKS

Authors

  • Abdul Wadud Kasful Humam

DOI:

https://doi.org/10.47454/itqan.v1i2.8

Abstract

Berawal dari ketidakpuasannya terhadap bentuk dan sistematika tafsir klasik (taḫlili) yang menurutnya telah melahirkan pandangan-pandangan parsial (not complete) dan atomistik serta belum mampu menyuguhkan pandangan solutif terhadap problem-problem kehidupan, juga karena motivasinya terhadap pernyataan sayyidina Ali bin Abi ThÄlib “Istantiq al-Qur’an….â€, maka untuk menambal kekurangan-kekurangan dalam tafsir-tafsir klasik tersebut dan mengaplikasikan tesis ‘Ali, Muhammad BÄqir al-Åžadr mengajukan sebuah metode tematik yang ia sebut dengan metode tawhîdi. Istilah tawhîdi, bukan dalam arti kesatuan tema dalam al-Qur’an sebagaimana metode tafsirnya Ḫasan al-TurÄbi dan yang lain, akan tetapi yang dimaksud tawhîdi oleh BÄqir al-Åžadr adalah penyatuan pengalaman-pengalaman manusia (realitas sosial) dengan al-Qur’an. Metode tawhîdi adalah metode tafsir dimana penafsir tidak menafsirkan al-Qur’an secara membujur ayat per ayat, tetapi mengetengahkan pandangan al-Qur’an mengenai persoalan atau tema-tema kehidupan yang menyangkut masalah akidah, sosial dan kosmologi seperti tema tentang tauhid, kenabian (nubuwwah), ekonomi, norma-norma sejarah, penciptaan langit dan bumi dan lain-lain. Sehingga ketika ada tafsir yang disusun berdasarkan tema-tema tertentu dalam al-Qur’an dan tidak tuntas menyelesaikan problem sosial, maka Muhammad BÄqir al-Åžadr menyebutnya dengan DirÄsah Qur’Äniyyah, bukan tafsir tematik. Key Word: Metode tawhîdi, DirÄsah Qur’Äniyyah, al-Sunan al-Tarikhiyyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd al-QÄdir bin Muhammad ‘Aá¹­Ä ÅžÅ«fi. DirÄsat Manhajiyyat li Ba’di Firaq al-RÄfidah wa al-BÄá¹­iniyyah. Riyad: Dar Adwa’ al-Salaf, 2005.

BÄqir al-Åžadr, Muḫammad. al-Madrasah al-Qur’Äniyyah. Beirut: Markaz al-Abhas wa alDirasat, 1421.

……………………………….. Falsafatuna: Pandangan Muhammad Baqir al-Shadr

Terhadap Berbagai Aliran Filsafat Dunia, terj. M. Nur Mufid bin Ali. Bandung: Mizan, 1993.

…………………………. Trend of Ḫistory in Qur’an. Pakistan: Islamic Seminary

Publications, t.th.

…………………………. Paradigma dan Kecenderungan Sejarah dalam al Qur’an, terj.

M.S. Nashrullah. Jakarta: Shadra Press, 2010. BÄqir al-ḪakÄ«m, Muḫammad. ‘UlÅ«m al-Qur’Än. Qum: Muassasah al-Ḫadi, 1417.

FarmÄwi (al-), Abd al-Ḫayyi. al-BidÄyah fÄ« al-TafsÄ«r al-Mawdu’i. Kairo: al-Ḫadarah alGharbiyyah, 1977.

Fahd bin AbdurraḫmÄn bin SulaimÄn al-RÅ«mi, IttijÄhÄt Al-TafsÄ«r fÄ« Al-Qarn Al-RÄbi’ ‘Asyr Al-Ḫijri. disertasi fakultas Ushuluddin, jurusan ‘Ulum Al-Qur’an Universitas Muhammad bin Sa’ud Al-Islamiyyah.

Ḫusaini (al-), Muḫammad. Muḫammad BÄqir al-Åžadr; ḪayÄt, ḪÄfilat, Fikrun wa KhallÄq. Maghribi: Dar al-Mahjah al-Baidha’, 2005.

……………………………… Al-ImÄm al-SyahÄ«d Muḫammad BÄqir al-Åžadr Dirasah fi Siratihi wa Manhajihi. Beirut: Dar al-Firar,1989.

Muslim, Musá¹­afÄ. MabÄḫith fÄ« al-TafsÄ«r al-Mawdū’i. Damaskus: Dar al-Qalam, 2000.

Mallat, Chibli. Menyegarkan Islam; Kajian Komprehensif Pertama atas Ḫidup dan KaryaMuhammad Baqir al-Shadr, terj. Santi Indra Astuti. Bandung: Mizan, 2001.

Rida al-Nu’mÄni, Muḫammad. ShahÄ«d al-Ummah wa ShÄhiduha. Qum: Markaz al-Abhas waal-Dirasat al-Takhassisiyyah li al-Sayhid al-Shadr, 1421.

Sholihin, Muhammad. Pengantar Metodologi Ekonomi Islam dari Mazhab Baqir al-Shadr hingga Mazhab Mainstream. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.

Siddiqi, Mazheruddin. Konsepsi al-Qur’an Tentang Sejarah, terj. Nur Rachmi et. Jakarta:Pustaka Firdaus, 1986.

TabÄá¹­abÄ’i (al-), Muḫammad. al-MÄ«zÄn fÄ« TafsÄ«r al-Qur’Än. Beirut: Mu’assasah al-A’lami lial-Mathbu’at, 1997.

Umari (al-), Ḫasan. IslÄmiyyÄt al-Ma’rifah inda al-Sayyid Muḫammad BÄqir al-Åžadr. Beirut:Dar al-Ḫadi, 2003.

Published

2015-08-15

How to Cite

Kasful Humam, A. W. (2015). METODE TAFSIR SINTESIS (TAWḤĪDI) MUḤAMMAD BAQIR AL-ṢADR: DARI REALITAS KE TEKS. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(2). https://doi.org/10.47454/itqan.v1i2.8