KHALQ AL-QUR`AN DALAM PERSPEKTIF TAKWIL MUKTAZILAH
DOI:
https://doi.org/10.47454/itqan.v5i2.714Abstrak
Fitnah tentang khalq al-Qur`Än (penciptaan al-Qur`an) adalah salah satu fitnah yang dianggap kejam. Fitnah ini tidak hanya berlatar ideologi, tetapi juga sudah masuk dalam ranah politik dan berlatar kekuasaan. Permasalahan ini menimbulkan perdebatan yang berujung pada pertumpahan darah dalam kasus Khalid bin Abdullah al-Qasry, al-Ja’d bin Dirham dan juga kekhalifahan al-Makmun. Pemikiran tentang khalq al-Qur`Än ini disinyalir berasal dari Muktazilah. Sebab itu artikel ini mengupas tentang bagaimana proses takwil golongan Muktazilah seputar khalq al-Qur`an. Dengan pendekatan kualitatif artikel ini berkesimpulan bahwa Muktazilah mengatakan bahwa al-Qur`an yang merupakan kalam Allah adalah makhluk dan hÄdÄ«th (baru). Menurutnya kalam adalah susunan huruf-huruf yang menimbulkan redaksi tertentu serta bisa dipaham didengar. Di sisi lain Muktazilah juga berpendapat bahwa kalam Allah tidak selamanya azalÄ« (zaman sebelum semuanya ada). Logikanya adalah jika kalam Allah azalÄ«, maka tidak ada lawan bicara ketika Allah sewaktu berbicara, dan hal ini irasional.
Kata kunci: al-Qur`an, Muktazilah, Takwil.
Unduhan
Referensi
Al-Qur`an
‘Abkarī (al), Ibnu Baṭṭah.al-Ibānah al-Kubrā. Riyadh: Dār al-Rāyah, 1994.
‘Ak (al), Khālid ‘Abdurrahman. Uṣūl al-Tafsīr wa Qawā’iduhu. Damaskus: Dār al-Nafāis, 2007.
‘Arab, Muhammad Sabir. Hurriyyatu al-Fikri fī al-Islām. Cairo: Maktabah Usrah, 2009.
‘Ashūr, Muhammad Ṭāhir bin. Maqāsid al-Sharī’ah al-Islāmiyyah.Cairo: Dār al-Salām, 2006.
‘Usayrī (al), Ahmad Ma’mūr. Mūjiz al-Tārīkh al-Islāmī Mundhu Ādam ilā ‘Aṣrinā al-Ḥādhīr. Riyadh: Maktabah Malik Fahd, 1996.
Dhahabī (al), Muhammad Ḥusayn. al-Tafsīr wa al-Mufassirūn. Cairo: Dār al-Ḥadīth, 2005.
¬¬____________________________. Buḥūthun fī ‘Ulumi al-Tafsīr wa al-Fiqh wa al-Da’wah. Cairo: Dār al-Ḥadīth, 2005.
Dīn (al), Shams. Lawāmi’ al-Anwar al-Bahiyyah wa Sawāṭi’ al-Asrār al-Athariyyah. Dimashqa: Muassasat al-Khāfiqīn, 1982.
Ibnu ‘Asākir. Tārīkh Dimashqa.Beirut: Dār a-Fikr, 1995.
Ibnu Athīr.al-Kāmil fī al-Tārīkh. Lebanon: Dār al-Kutubal-‘Arabī, 1997.
Ibnu Hārūn. Tārīkh Mukhtaṣar al-Duwal.Beirut :Dār al-Sharq, 1992.
Jawzī (al), Jamal al-Dīn. al-Muntaḍim fī Tārīkh al-Umam wa al-Mulūk. Beirut: Dār al-Kutub, 1992.
Jibrīl, Muhammad al-Sayyid. Madkhal ilā Manāhij al-Mufassirīn. t.tp: t.np, t.th.
Lāshīn, Musā Shahīn. al-Lālīu al-Ḥisān fī ‘Ulūm al-Qur’an. Cairo: Dār al-Shurūq, 2002.
Muhammad, Abd al-Malik Ibn. Sharaf al-Muṣtafā.Makkah: Dār al-Bashāir al-Islāmiyyah, 1924 H.
Qarḍāwī (al). Yusuf. Kayfa Nata’āmal ma’a al-Qur’an al-Aẓīm. Cairo: Dār al-Shurūq, 1999.
Qāsim, Muhammad. Dirāsāt fī Manāhij al-Mufassirīn. t.tp: t.np. t.th.
Rosenberg,Alex. Philosophy of Science A Contemporary Introduction. New York: Routledge 2005.
Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Rajagrafindo Jakarta, 2013.
Zaqzuq, Muhammad Hamdi. al-Manhaj al-Falsafī bayna al-Ghozali wa Dikaret. Kuwait: Dār al-Qalam 1983.
Zubair, Maimoen. Taqrīr al-Bad’i al-Amalī. Rembang: Madrasah Ghozaliyyah Syafi’iyyah, t.th.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Abdullah Mubarok

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.