NALAR IDEOLOGIS FIQIH DALAM TAFSIR AL-QUR'AN
(Telaah Konstruksi Tafsir Pada Masa Abbasiyah)
DOI:
https://doi.org/10.47454/itqan.v2i1.13Abstract
Artikel ini mengkaji tentang nalar ideologis fiqih yang muncul dalam periode dinasti Abbasiyah, yang mengkhususkan pada kitab tafsir dari ulama pengikut madzhab empat, yakni madzhab H̲anafi, Mâliki, Syâfi’i, dan H̲anbali. Ulama H̲anafiyah diwakili oleh al-Jashshâsh, ulama Mâlikiyah diwakili oleh Ibnu al-‘Arabi, ulama Syâfi’iyah diwakili oleh Fakhruddîn al-Râzi, dan ulama Hanâbilah diwakili oleh Ibnu al-Jauzi. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penafsiran terhadap ayat-ayat al-Qur’an dalam masing-masing kitab tafsir terlihat membela pemikiran dalam madzhab yang dianut oleh penulisnya. Beberapa sampel yang diambil, yakni diskursus ‘âm dan khâsh, amr dan nahy, serta lafadz musytarak membuktikan bahwa masing-masing ulama madzhab mempertahankan ideologi yang terdapat dalam madzhabnya dalam bidang fiqih, sehingga tafsir hukum yang muncul berwarna dengan warna madzhab si mufassir. Â
Downloads
References
Ahmed, Akbar S. Citra Muslim: Tinjauan Sejarah dan Sosiologi, erj. Nunding Ram dan Ramli Yakub. Jakarta: Erlangga, 1992.
al-`Arabi, Abû Bakar Muẖammad bin `Abdillâh Ibn Aẖkâm al-Qur`ân. Beirut: Dâr Kutub al-Ilmiyyah, 2003.
al-Baghdadi, Abû al-Faraj Jamâluddîn `Abdirraẖmân bin `Ali bin Muẖammad al-Jauzi al-Qurasyi. Zâd al-Maisîr fî Ilm al-Tafsîr. Beirut: Dâr Ibnu Hazm, 2002.
Goldziher, Ignaz. Madzhab Tafsir dari Klasik Hingga Modern, terj. M. Alaika Salamullah dkk. Yogyakarta: elSAQ Press, 2006.
al-H̲anafi, Muẖyiddîn Abî Muẖammad Abd al-Qâdîr al-Qurasyi. al-Jawâhir al-Mudhiyyah fî Thabaqât al-H̲anafiyyah, juz I. Saudi Arabia: Hijr li al-Tibâ`ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi` wa al-I`lân, 1993.
Hitti, Philip K. Hisory of The Arab, terj. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2010.
Ja`far, Musâid Muslim Abdillâh Ali. Atsar al-Tathawwur al-Fikri fî al-Tafsîr fî al-Ashr al-Abbâsi. Beirut: Muassasah al-Risâlah, 1984.
al-Jashshâsh, Abû Bakar Aẖmad bin Ali al-Râzi. Aẖkâm al-Qur`ân. Beirut: Dâr al-Iẖyâ` al-Turats al-`Arabi, 1992.
Makhlûf, Muẖammad bin Muẖammad bin `Umar bin Qâsim. Syajarah al-Nûr al-Zakiyyah fî Tabaqât al-Mâlikiyyah, juz I. Beirut: Dâr Kutub al-Ilmiyyah, 2003.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LkiS, 2010.
_______, Pergeseran Epistemologi Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Pamungkas, Imam dan Maman Surahman. Fiqih 4 Madzhab. Jakarta: al-Makmur, 2015.
al-Râzi, Muẖammad Fakhruddîn bin Umar. al-Tafsîr al-Kabîr. Beirut: Dâr al-Fikr, 1981.
Sirry, Mun`im A. Sejarah Fiqih Islam: Sebuah Pengantar. Surabaya: Risalah Gusti, 1995.
al-Subki, Tâjuddîn Abî Nasr Abd al-Wahhâb bin `Ali bin Abd al-Kâfi. Thabaqât al-Syâfi`iyyah al-Kubrâ, juz VIII. t.p.: Dâr Iẖyâ` al-Kutub al-`Arabiyyah, t.t.
Syafe`i, Rachmat. Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Watt, W. Montgomery. Kejayaan Islam: Kajian Kritis dari Tokoh Orientalis, terj. Hartono Hadikusumo. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1990.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2016 Benny Afwadzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.